Pages

Saturday, June 29, 2013

Pembuatan Carbon Ceramide Disc Brake

Apakah itu Carbon Ceramide Disc Brake
Carbon Ceramide Disc Brake adalah rem cakram dibuat oleh inti dari bahan keramik diperkuat dengan serat karbon dan oleh lapisan keramik tambahan pada kedua permukaan gesek.
Profil karakteristik keseluruhan dari carbon ceramide menjadikannya bahan pilihan utama untuk mendapatkan sistem pengreman dengan kinerja tinggi:
  1. Silikon karbida, komponen matriks utama, memastikan kekerasan material komposit.
  1. Serat karbon untuk memberikan kekuatan mekanik yang baik dan memberikan perlindungan kemungkinan terjadinya patahan pada material komposit. 

Kelebihannya dibanding cakram besi


  • Bobot lebih ringan
  • Daya tahan seumur hidup
  • Stabilitas termal tinggi
  • Gesekan yang lebih tinggi
  • Meningkatkan handling mobil karena berkurangnya massa
  • Tidak berkarat
  • Mengurangi debu rem
  • kinerja yang lebih tinggi
Secara Umum Pembuatannya Melewati Tahap-Tahap Berikut

Berikut Langkah-Langkah Lengkapnya

1. Pertama dua bahan berikut dicampur bro, yaitu resin sama filamen karbon


2. Keduanya dicampur sampe jadi komposit kayak gini

3. Kemudian campuran yang udah jadi dimasukkin ke mesin cetak diisi sampe setengahnya dulu bro

4. Trus kalau udah setengah penuh, sama pekerjanya dimasukin pelat aluminium untuk membuat rongga jalur-jalur pendinginnya

5. Trus diketok pake palu bro biar gak lepas waktu danti dipress

6. Selanjutnya cetakan diisi lagi sampe penuh, roller putih disamping berguna buat ngeratain material yang menumpuk sampe keatas cetakan supaya gak meluber gan

7. Kalau udah penuh terus pekerja menutup cetakan dan dibantu pake mesin pres tekanan rendah

8. Langkah berikutnya cetakan yang udah berisi adonan dimasukkan kedalam oven bersuhu 400 derajat farenheit sambil ditekan dengan tekanan 44 ton!

Fungsi dari proses ini yaitu memadatkan serat karbon
dan mengubah resin menjadi polimer

9. Trus kalau udah selesai dipanasin cetakannya didiemin sampe bisa diangkat gan, dan dicemplungin ke air supaya bener-bener dingin antara cetakan sama isinya waktu pencemplungan 5-10 menit ntar kalau gak dingin "kue"nya bisa gagal gan pas dibuka

10. Ohiya sebelum dibuka cetakannya harus diperiksa dulu gan pake laser supaya palang aluminium yang dipasang buat rongga jalur-jalur pendingin gak ketinggalan

11. Kemudian baru dibuka

Ini belom selesai loh bro, prosesnya masih lumayan panjang

12. Piringan rem yang udah dicetak trus dibolong-bolongin sama dicukur gan pinggirannya biar bagus

13. Sesudah dicukur fungsinya bolong-bolong ya biar waktu terjadi pengereman, cakramnya bisa cepat melepas panas gan karena kalau bolong-bolong kan permukaan sentuh dengan udara jadi lebih banyak.

14. Nah terus kalau udah ganteng kita panasin lagi gan si piringannya kali ini sampe 800 derajat farenheit!. loh kok lebih panas? nah ini fungsinya membuat polimer yang tadi terbentuk teroksidasi sampai jadi karbon jadi nambah padet deh tuh karbonnya. pemanasannya dinaikkan perlahan-lahan selama 2 hari loh! 

15. Proses berikutnya baru si cakram ditaroh dalam bejana yang tahan panas dan dibawahnya kita kasih penahan biar semua permukaan cakram bisa terlapisi dengan keramik dengan baik

16. Nah baru deh sekarang dituangin tepung silikonnya

17. Terus ditumpuk gan biar selanjutnya dipanasin lagi bareng-bareng

18. Nah dimesin ini semuanya dipanasin bareng pada suhu 3000 derajat farenheit dan semua dilakukan pada tekanan rendah fungsinya bukan lain buat melelehkan si silikon biar bereaksi sama si piringan karbon gan. pemanasannya dinaikkan secara bertahap sampe 24 jam gan.

19. Nah sekarang ini piringannya lagi dilubangin buat tempat nempelin di as roda dibolonginnya sambil dikasih air gan jadi biar debu gak kemana-mana dan panasnya gak merusak piringannya

20. Udah selesai sampe sesi bolong-bolong terus cakramnya di cat dulu gan. hah? kok dicat?
sabar bro ini bukan sembarang cat tapi cat anti oksidasi yang berfungsi mengurangi keausan saat proses pengereman nantinya jadi lebih awet deh cakramnya

21. Disini cakramnya diangin-angin dulu gan biar kering tuh catnya

22. Terus semua permukaan dari cakram di poles gan, fungsinya ya jelas biar permukaan dari cakram ini gak terlalu kasar nantinya kan konsumen gak mau kalau pas digunakan cakramnya cepet membuat aus plat remnya, selain itu pemolesan membuat cakram lebih awet karena mengurangi gaya gesek yang berlebihan saat piringan digunakan saat melakukan pengereman. BTW untuk proses ini semuanya dilakukan menggunakan robot loh

Sebelum dan sesudah digosok

Untuk menjaga kualitas dari piringannya maka semua permukaan dari piringan difotoin gan tiap milimeternya pake alat canggih berikut ini. Kalau kalau ada cacat produksi jadi nanti produknya bisa dijamin kualitasnya.

kebayang dong perlunya proses ini, kalau produk yang dihasilkan ada krack so pasti akan sangat berbahaya apalagi ini piringan akan menghentikan mobil pada kecepatan yang sangat tinggi dan pastinya kesalahan sekecil apapun akan sangat fatal akibatnya




Nah udah beres deh semua produksinya tinggal dipasang bell aluminiumnya supaya bisa dipasang di as roda

Nah ini "Carbon Ceramide Disc Brake" yang sudah jadi

No comments:

Post a Comment